Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Penyakit Vaginitis

Jakarta, Deskripsi

Vaginitis adalah suatu peradangan pada vagina yang dapat mengakibatkan gatal, nyeri dan keluarnya cairan dari vagina. Penyebabnya biasanya karena terdapat perubahan dalam keseimbangan normal bakteri pada vagina atau infeksi. Vaginitis juga dapat disebabkan oleh kadar estrogen yang berkurang setelah menopause.
Jenis yang paling umum dari vaginitis antara lain:
1. Bakteri vaginosis, yang dihasilkan dari pertumbuhan berlebih dari salah satu organisme yang biasanya ada dalam vagina
2. Infeksi jamur, yang biasanya disebabkan oleh jamur alami yang disebut Candida albicans
3. Trikomoniasis, yang disebabkan oleh parasit dan sering ditularkan melalui hubungan seksual
4. Atrofi vagina (vaginitis atrofik), yang hasil dari penurunan kadar estrogen setelah menopause

Penyebab

Penyebabnya tergantung pada jenis vaginitis yang terjadi.

1. Bakteri vaginosis
Vaginosis oleh karena bakteri biasanya terjadi karena pertumbuhan berlebihan dari salah satu beberapa organisme yang ada dalam vagina. Normalnya jumlah bakteri ‘baik’ (lactobacillus) melebihi bakteri bakteri ‘buruk’ (anaerob) dalam vagina. Tetapi jika bakteri anaerob menjadi terlalu banyak, akan mengganggu keseimbangan dan menyebabkan vaginitis bakteri. Wanita yang berganti-ganti pasangan, serta wanita yang menggunakan alat kontrasepsi (IUD) memiliki risiko lebih tinggi terkena vaginosis bakteri.

2. Infeksi jamur
Infeksi jamur terjadi ketika lingkungan yang normal dalam vagina mengalami beberapa perubahan yang memicu pertumbuhan berlebihan dari jamur (Candida albicans). Infeksi jamur tidak dianggap sebagai infeksi menular seksual.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, sekitar 3 dari 4 perempuan diperkirakan akan mengalami infeksi jamur pada beberapa waktu selama hidup mereka.
Faktor-faktor yang meningkatkan risiko infeksi jamur meliputi:
- Obat-obatan, seperti antibiotik dan steroid
- Diabetes yang tidak terkontrol
- Perubahan hormonal, seperti yang terkait dengan kehamilan, pil KB atau menopause

3. Trikomoniasis
Trikomoniasis adalah infeksi menular seksual umum yang disebabkan oleh parasit, dan biasa disebut Trichomonas vaginalis. Organisme ini menyebar selama hubungan seksual dengan seseorang yang sudah memiliki infeksi. Organisme ini biasanya menginfeksi saluran kemih pada pria, dimana sering tidak menimbulkan gejala. Trikomoniasis biasanya menginfeksi vagina pada wanita.

4. Non-infectious vaginitis
Semprotan vagina, douche, sabun wangi, deterjen wangi dan produk spermisida dapat menyebabkan reaksi alergi atau mengiritasi jaringan vulva dan vagina. Penipisan lapisan vagina, akibat hilangnya hormon oleh karena menopause atau pengangkatan indung telur, juga dapat menyebabkan gatal dan sensasi terbakar pada vagina.

Gejala

Gejala vaginitis antara lain:
1. Perubahan warna, bau atau jumlah cairan dari vagina
2. Vagina gatal atau iritasi
3. Nyeri saat berhubungan seksual
4. Nyeri saat buang air kecil
5. Vagina mengalami perdarahan atau bercak

Kondisi pada vagina dapat menunjukkan jenis vaginitis yang terjadi antara lain:
1. Vaginitis bakteri
a. Keluar cairan putih keabu-abuan, berbau busuk.
b. Bau sering digambarkan menyerupai bau ikan.
2. Infeksi jamur
Gejala utama adalah gatal, dan juga keluar cairan kental yang berwarna putih dan menyerupai keju.
3. Trikomoniasis
Infeksi ini dapat menyebabkan keluarnya cairan berwarna kuning kehijauan, kadang-kadang berbusa.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel