Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Penyakit HIPERKALEMIA

Potasium merupakan salah satu jenis mineral yang mudah ditemukan dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari, seperti, daging, ikan, sayuran, buah-buahan, susu, yogurt, dan kacang. Tubuh memerlukan potasium untuk melakukan sintesis protein, memetabolisme karbohidrat, pengembangan otot dan fungsi penting lainnya dari elektrik dan seluler. Akan tetapi, Anda sebaiknya berhati-hati mengonsumsi potasium. Jika berlebihan, potasium akan memberikan konsekuensi kesehatan yang serius.

Adalah hiperkalemia, suatu kondisi yang menunjukkan adanya kelebihan kadar potasium di dalam aliran darah. Penderita hiperkalemia sering kali tidak menunjukkan  gejala, tetapi beberapa orang mengalami denyut jantung yang tidak beraturan, denyut nadi yang lambat dan lemah, kelelahan, lemas, kesulitan bernafas, dan mual.

Hiperkalemia membutuhkan perawatan di rumah sakit dengan pengawasan yang ketat serta pengobatan yang sama dengan penyakit gagal ginjal. Perawatan hiperkalemia termasuk di antaranya dialisis; obat-obatan diuretik; kalsium intravena; glukosa dan insulin; serta pembatasan jumlah asupan potasium dalam diet.

Menurut MedlinePlus Medical Encyclopedia, hiperkalemia terjadi ketika gangguan-gangguan tertentu – seperti gagal ginjal akut atau kronik, glomerulonefritis atau uropati obstruktif – menurunkan kemampuan kemampuan ginjal untuk menghilangkan potasium dari dalam tubuh. Hiperkalemia juga bisa terjadi ketika sel melepaskan kelebihan potasium ke cairan yang berada di luar sel, sebagai akibat dari cedera jaringan – seperti luka bakar, perdarahan gastrointetinal, operasi, luka trauma, tumor atau rhabdomyolysis dari obat-obatan, alkohol atau infeksi.

Mereka dengan fungsi ginjal yang buruk memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami hiperkalemia. Perlu diperhatikan, beberapa pengobatan seperti potasium-sparing diuretics dan angiotensin-converting enzyme inhibitors, dapat menghambat kemampuan tubuh untuk menghilangkan potasium.

Penderita gagal ginjal, terutama bagi mereka yang melakukan pengobatan dengan cara dialisis, harus menghindari makanan yang tinggi akan potasium. Makanan-makanan tersebut antara lain, daging dan ikan, sayuran seperti brokoli, kacang polong, tomat, dan kentang, serta buah-buahan seperti kiwi, plum, aprikot, dan belewah.

Selain itu, penderita gagal ginjal atau mereka yang memiliki riwayat hiperkalemia sebaiknya menghindari pengganti garam yang mengadung potasium. Dan jika Anda mengonsumsi suplemen potasium, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter agar mereka dapat megevaluasi fungsi ginjal Anda.

Institute of Medicine menganjurkan, mereka yang berusia 19 tahun ke atas mengkonsumsi tidak lebih dari 4.700 mg potasium tiap harinya. Diet sehat yang kaya akan potasium dapat membantu mengontrol tekanan darah, memperlambat pengeroposan tulang, dan menurunkan risiko untuk terkena batu ginjal.

 

 

 

 

Sumber : kompas.com

Share

4 Responses to “Penyakit HIPERKALEMIA”

  • Ebet:

    Sempurna… sangat bermanfaat..

    • admin:

      Dear : Ebet

      Salam SEHAT,

      Terimakasih sudah memberikan komentarnya pada artikel kami. Semoga informasi dari kami seterusnya dapat selalu memberikan manfaat dan berguna bagi anda & keluarga.
      Jika masih ada yg mau ditanyakan, silahkan mengisi form konsultasi pada web kami di : http://www.herbaljogja.net pada kolom konsultasi. Kami akan langsung memberikan penjelasan jika diperlukan. Atau dapat chatt pada YM : klinikjogja@yahoo.com / HP 0811 269770

      Salam SEHAT SUKSES BAHAGIA

  • MARY:

    saya menderita hiperkalemia,pemeriksaan darah saya kalium 6,25 sedangkan referensi adalah 4,5. dokter memberi saya obat kalitake. Mohon infonya makanan apa yang mengadung kalium rendah. Terimakasih.

    • admin:

      Selamat siang ibu Mary,

      Sebagai informasi bila masih berkenan ibu bs konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi Layanan Konsultasi kami :

      - (0274) 374869
      - SMS / WA di 0811 269 770
      - pin BB 5CDF5F85

      Terimakasih, Salam SEHAT

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel