Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Penanganan Darurat Jika Tergigit Hewan Peliharaan

Jakarta, Hewan peliharaan seperti anjing, kucing atau kelinci relatif bersahabat pada majikan yang memeliharanya. Tapi terkadang hewan peliharaan ini juga bisa menggigit. Apa yang harus dilakukan jika tergigit hewan peliharaan?

Penanganan Darurat Jika Tergigit Hewan Peliharaan

Gigitan dari hewan seringkali tidak dapat dihindarkan dan tiba-tiba terjadi begitu saja. Anjing lebih mungkin untuk menggigit daripada kucing. Namun, gigitan kucing lebih memungkinkan menyebabkan infeksi.

Berbagai macam penyakit pun banyak yang ditularkan melalui gigitan hewan. Maka itu jika ada orang di sekitar kita yang terkenan gigitan hewan, setidaknya kita harus dapat melakukan sesuatu untuk menangani kondisi tersebut.

Pertolongan pertama yang perlu dilakukan jika ada yang tergigit hewan seperti dikutip dari MayoClinic, Senin (8/8/2011), antara lain:

Gigitan berupa luka ringan

  1. Jika bekas gigitan hewan pada kulit hanya merupakan luka ringan dan tidak ada kemungkinan bahaya rabies, maka penanganannya seperti pada luka kecil.
  2. Cuci luka tersebut dengan sabun dan air.
  3. Oleskan krim antibiotik untuk mencegah infeksi.
  4. Tutupilah luka tersebut dengan perban bersih.

Gigitan berupa luka yang dalam

  1. Jika gigitan hewan menyebabkan luka yang dalam pada kulit atau kulit robek parah dan berdarah, maka tekanlah luka dengan menggunakan kain bersih dan kering untuk menghentikan perdarahan
  2. Setelah dilakukan tindakan pertama untuk menghentikan perdarahan, kemudian segera hubungi rumah sakit atau dokter terdekat.

Gigitan yang menimbulkan luka infeksi
Jika melihat adanya tanda-tanda infeksi seperti pembengkakan, nyeri, kemerahan segera hubungi dokter atau rumah sakit terdekat.

Gigitan luka dengan dugaan rabies
Jika Anda mencurigai gigitan itu disebabkan oleh hewan yang mungkin membawa virus rabies, segera hubungi dokter atau rumah sakit terdekat. Hewan-hewan yang dicurigai membawa virus rabies adalah binatang liar atau peliharaan yang status imunisasinya tidak diketahui. Dokter merekomendasikan seharusnya mendapatkan suntikan imunisasi tetanus setiap 10 tahun.

Gigitan dari hewan peliharaan dan hewan liar yang tidak diimunisasi membawa risiko rabies. Rabies lebih sering berasal dari rakun, sigung, rubah dan kelelawar daripada daripada kucing dan anjing. Sedangkan kelinci, tupai dan binatang pengerat lainnya jarang membawa rabies.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel