Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Sosis = Kadar Garam Tinggi

Membatasi asupan natrium atau garam dari makanan sangat disarankan para ahli kesehatan untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun perlu diketahui natrium bukan hanya terdapat di dalam makanan yang asin.

Sosis = Kadar Garam Tinggi

Agar tubuh selalu sehat, konsumsi natrium atau sodium dibatasi tidak lebih dari 2.300 mg atau 6 gram per hari (sekitar satu sendok teh garam). Sebagian besar asupan natrium kita berasal dari garam yang dibubuhkan yang dibubuhkan ke dalam makanan.

Kendati demikian, kebiasaan mengonsumsi makanan yang sudah diproses juga menyumbang asupan natrium yang cukup tinggi. Sup, kaldu, sayuran dalam kaleng, mi ayam, saus, juga sosis merupakan sumber natrium yang belum banyak disadari.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap sosis yang dijual di supermarket di Inggris diketahui 80 persen dari 300 jenis sosis di sana mengandung kadar garam lebih tinggi dari yang disarankan. Rata-rata mengandung lebih dari 2 gram per 100 gram sosis.

“Kebanyakan orang bisa makan tiga atau empat potong sosis sekali makan. Berarti natrium yang dikonsumsi sudah lebih dari 6 gram. Ini berbahaya karena tanpa disadari mereka beresiko tinggi menderita serangan jantung atau stroke,” kata juru bicara Consencus Action on Salt and Health, Inggris.

Untuk itu disarankan agar konsumen mencermati label. Dalam label tercantum jumlah natrium yang terkandung dalam makanan tersebut. Bila memungkinkan, pilihlah produk yang mengandung natrium rendah. Selain itu hindari kebiasaan menambahkan garam ke dalam makanan. Jika makanan terasa hambar, tambahkan bumbu lain seperti jeruk lemon atau lada.

Natrium diketahui akan membuat tubuh menahan air yang berakibat meningkatnya volume darah dan membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompanya. Ada juga studi yang menyebutkan natrium dengan cara tertentu merusak dinding pembuluh darah, membuatnya terkelupas dan kelupasan itu dapat menyumbat arteri.

Sebuah penelitian menemukan, mengurangi garam sebanyak tidak sampai satu sendok teh per hari dapat mencegah stroke dan serangan jantung akibat tersumbatnya pembuluh darah.

 

 

Sumber : kompas.com

 

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel