Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Pola Makan yang Baik untuk Mencegah dan Mengontrol ASMA

Jakarta, Selama ini penyakit asma hanya bisa dikontrol agar tidak sering kambuh. Ternyata salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kekambuhan asma adalah melalui pola makan dan nutrisi.
Sampai saat ini memang tidak ada diet untuk menghilangkan gejala asma, tapi ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membantu menguranginya, seperti dikutip dari Mayoclinic, Kamis (21/7/2011) yaitu:
1. Mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayur
Hal ini karena buah dan sayur merupakan sumber antioksidan seperti beta karoten serta vitamin C dan E sehingga bisa membantu mengurangi pembengkakan di paru-paru dan iritasi (radang) yang disebabkan oleh rusaknya sel oleh bahan kimia.

2. Mengonsumsi vitamin D
Studi menemukan bahwa orang dengan kondisi asma yang parah memiliki kadar vitamin D yang rendah. Untuk itu penderita asma diharapkan mengonsumsi sumber vitamin D seperti susu, telur, ikan seperti salmon serta menghabiskan waktu beberapa menit di luar ruangan untuk mendapatkan sinar matahari pagi.

3. Menghindari kandungan sulfit dalam makanan
Sulfit diketahui bisa memicu gejala asma pada beberapa orang. Bahan ini biasanya digunakan sebagai pengawet, dan menggunakan nama sulfur dioksida, kalium bisulfit atau kalium metabisulfit, natrium bisulfit, natrium metabisulfit atau natrium sulfit. Sulfit biasanya ditemukan pada wine, buah kering, udang, selai serta sayuran kaleng.

4. Menghindari makanan pemicu alergi
Memiliki asma biasanya meningkatkan risiko terhadap alergi makanan, dan reaksi alergi makanan bisa menyebabkan gejala asma. Untuk itu ketahui terlebih dahulu apakah dirinya memiliki alergi tertentu atau tidak.

5. Menjaga berat badan sehat
Kelebihan berat badan bisa memperburuk asma, tapi kehilangan berat badna juga bisa meningkatkan gejala asma. Untuk itu ketahui berat badan sehat yang harus dimiliki untuk mencegah dan mengontrol asma.

6. Mengurangi asupan garam dan meningkatkan omega 3
Beberapa studi menyebutkan mengonsumsi sedikit garam dan memperbanyak makanan yang kaya akan omega 3 (ikan dan biji-bijian) bisa mengurangi gejala asma.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel