Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

VARIKOKEL : Penyakit yang Bisa Membuat Laki-Laki Mandul

Varikokel, sebuah penyakit yang menyerang pembuluh darah alat kelamin laki-laki. Ada bentuk bentukan seperti cacing keluh beberapa laki-laki. Apa penyebabnya? Haruskah dioperasi? Apakah menyebabkan kemandulan?

Varises adalah terjadinya pelebaran katup pembuluh darah di balik betis. Apabila terjadi varises di daerah organ produksi pria maka disebut varikokel. Pelebaran yang tidak normal pembuluh darah di balik scrotum akibat adanya gangguan pada pembuluh darah balik ( vena ) di atasnya. Scrotum adalah istilah kedokteran untuk menyebut pembungkus alat kelamin. Cirinya alat kelamin membesar, berwarna kebiruan dan terdapat bentukan berkelok-kelok seperti cacing di dalam kantongnya.

Hingga kini masih kurang jelas secara pasti penyebab varikokel. Namun beberapa faktor di bawah ini dianggap sebagai pemicunya :

* Faktor genetik

Orang tua dengan varikokel memiliki kecenderungan menurunkannya pada anak. Sejak lahir , anak-anak ini mewarisi pembuluh-pembuluh darah yang mudah melebar.

* Makanan

Beberapa jenis makanan dengan oksidasi tinggi akan merusak pembuluh darah. Contohnya adalah makanan yang diolah dengan cara dibakar.

* Suhu

Sudah bukan rahasia lagi jika suhu tinggi bukanlah hal yang ramah terhadap organ reproduksi pria. Para pria yang bekerja di pertambangan, juru masak profesional, atau mereka yang bekerja di tempat-tempat yang memiliki tingkat radiasi tinggi dan sejenisnya, merupakan kelompok yang riskan terkena varikokel. Soalnya, organ reproduksi mereka cenderung berada pada kondisi dengan suhu di atas rata-rata untuk jangka waktu lama.

Padahal idealnya, suhu testis adalah 1-2 derat di bawah suhu tubuh. Suhu yang tinggi di sekitar testis dapat memicu pelebaran pembuluh darah balik di daerah itu. Awalnya, suhu tinggi ini amat berpotensi menurunkan kualitas sperma yang pada gilirannya akan mengganggu fungsi testis dalam menghasilkan sperma.

Insiden varikokel pada populasi pria secara umum adalah 10-15%, sementara pri-pria yang infertil dijumpai varikokel antara 21-41%. Hampir 50% dari pria yang varikokel menderita penurunan kualitas sperma dan sebaliknya banyak pria yang varikokel masih subur dan dapat menghasilkan keturunan.

Biasanya varikokel sebelah kiri lebih sering daripada yang kanan oleh karena perbedaan letak muaranya ( faktor anatomis ). Kelainan ini merupakan salah satu penyebab kemandulan pada pria akibat gangguan pembentukan sel sperma. Gangguan pembentukan sel sperma ini terjadi akibat kekurangan oksigen.

Jadi biasanya pasien datang dengan keluhan beberapa tahun menikah tetapi belum mempunyai anak atau mengeluh adanya benjolan di atas testis yang terasa nyeri. Benjolan ini biasanya terasa / tamapk nyata jika penderita berdiri dan menghilang jika penderita penderita bersandar karena aliran darah ke vena tersebut berkurang.

Pemeriksaan biasanya dilakukan dengan berdiri, kemudian dilakukan perabaan. Jika diperlukan pasien disuruh mengejan terlbih dahulu. Jika memang terdapat varikokel, maka pada pemeriksaan dan perabaan terdapat bentukan seperti kumpulan cacing di dalam kantung. Terkadang sulit juga menemukan bentuk tersebut, maka dilakukan pemeriksaan pendengaran dengan alat yang disebut stetoskop Doppler

Beberapa hal yang mungkin bisa mengurangi faktor terjadinya varikokel, antara lain :

* Hindari berendam di air panas terlalu sering karena air panas bisa mempengaruhi suhu di sekitar testis hingga merangsang terjadinya pelebaran pembuluh darah.

*Perbaiki pola makan dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan, seperti buah dan sayur.

* Sedapat mungkin hindari paparan zat kimia, listirk dan radiasi secara terus-menerus.

* Hindari pemakaian terus-menerus celana yang ketat.

 

 

Sumber : google.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel