Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Tips Memilih BUAH yang SEHAT

Makan buah itu sehat. Secara umum, hal itu memang benar. Buah kaya dengan vitamin, mineral, serat dan tidak mengandung lemak berbahaya. Buah tidak mengandung zat aditif buatan dan sangat baik untuk anak-anak karena mengandung nutrisi penting bagi pertumbuhan mereka. Namun, tidak semua buah sehat.

1. Pestisida

Pestisida pada kulit buah meninggalkan residu yang dapat merembes hingga ke bagian dalam buah. Ada empat jenis pestisida yang populer yaitu captan, iprodione, malathion, dan karbaril. Captan dan iprodione diketahui dapat menyebabkan kanker (karsinogenik).

Banyak buah-buahan yang disemprot pestisida sehingga sangat penting untuk mencuci atau mengupas buah sebelum memakannya. Jika Anda sering makan buah-buahan yang mengandung residu pestisida, Anda berisiko mendapatkan masalah kesehatan dalam jangka panjang.

Buah terbaik adalah yang dibudidayakan secara organik. Anda dan anak-anak akan terhindar dari racun berbahaya dalam makanan Anda.

2. Patogen

Buah-buahan biasanya ditaruh di wadah yang paling terbuka di pasar dan supermarket. Beberapa orang hanya memegang-megang buah untuk memeriksa kondisinya lalu mengembalikannya. Orang-orang itu dapat memiliki banyak bakteri atau virus di tangan dan tubuh mereka. Banyak patogen yang juga ditularkan melalui udara yang dapat mencapai buah. Oleh karena itu, sekali lagi penting untuk mencuci buah sebelum memasukkan ke mulut.

3. Jamur

Buah memiliki karakteristik mudah berjamur (membusuk). Jika di luar kelihatannya hanya ada sedikit yang berjamur, maka seringkali hifa jamur sudah berada pada sebagian besar buah, yang mungkin tidak terlihat dengan mata telanjang. Buah akan terasa basi meskipun bagian yang berjamur sudah dipotong.

Jamur tidak baik bagi kesehatan karena dapat mengembangkan mikotoksin yang menimbulkan gangguan syaraf, pencernaan, jantung dan liver. Karena itu, Anda harus membuang buah yang berjamur meskipun tampaknya masih bisa dimakan.

4. Reaksi alergi

Orang dapat mengembangkan alergiĀ  terhadap segala hal, termasuk buah-buahan. Reaksi alergi dapat bervariasi dari sedikit gatal di mulut, ruam kulit, sampai muntah-muntah. Orang dengan sindrom iritasi usus besar dapat sangat sensitif terhadap buah-buahan tertentu.

Sekali lagi, buah pada dasarnya sangat sehat bagi manusia dan mengandung nutrisi yang benar-benar diperlukan agar kita tetap sehat. Artikel ini bukanlah untuk menakut-nakuti Anda, tetapi hanya untuk mengingatkan. Jangan sampai kita menikmati buah yang tidak sehat namun tidak menyadari risikonya.

 

 

Sumber : majalahkesehatan.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel